Translate

Senin, 11 Juni 2012

Cara Hapus Virus Beselo, Penyebab HP bisa kirim SMS/MMS Sendiri, tanpa format HP



Kasus ini terjadi ketika saya memiliki HP Nokia 6600, dimana jika ada SMS masuk maka HP tersebut otomatis akan mengirim balasan SMS/MMS dengan sendirinya. Jadi bisa merugikan kita sebagai pemilik pulsa ... eh maaf, maksudnya pemilik HP. Pulsa di HP kita akan tersedot secara otomatis tanpa kita mengetahuinya.

Selidik punya selidik, ternyata hal itu disebabkan oleh Virus yang bernama Beselo. Virus Beselo itu menyebabkan HP bisa mengirim SMS/MMS sendiri ketika kita menerima SMS masuk. Selain itu jika ada HP yang Bluetooth-nya hidup berada disekitar HP yang terinfeksi Beselo, maka Virus Beselo akan siap menyebarkan penyakitnya, meski Bluetooth pada HP yang terinfeksi Virus Beselo tidak hidup alias mati/off.
Virus Beselo ini merupakan sequel dari comwarior yang memiliki cara kerja hampir sama dengan comwarior. Penyakit karena virus Beselo yang biasa dinamakan Worm ini mampu menginfeksi HP yang ber-Symbian S60 seperti Nokia 6600, 6630, 6680, 7610, N70 dan N72.

Cara Kerja Virus Beselo :
Setelah menginstalkan dirinya ke dalam OS, Worm ini melakukan proses rutin yang dimulai dari mengumpulkan semua kontak pemakai HP lalu mengirimkan SMS berisi virus dalam bentuk versi SIS (Symbian Installation Source). Untuk menyembunyikan dirinya, file ini tidak memakai format .sis namun menyamar sebagai file multimedia seperti Beauty.jpg, Sex.mp3, atau Love.rm.

Beberapa teman yang bekerja di counter HP menyarankan untuk mem-format HP dan Kartu Memori (MMC atau MicroSD) secara terpisah. Juga yang saya dapat pada forum-forum HP di internet, semuanya menyarankan dengan cara yang sama seperti yang saya uraikan diatas.
Namun cara diatas resikonya data di HP dan Kartu Memori akan hilang, tentunya kita tidak mau dunk, data-data penting kita hilang, apalagi disana terdapat catatan penting kita, game-game yang menarik dan lain sebagainya.

Nah, setelah saya browsing lebih dalam di Mbah Gugel yang empunya Internet, ternyata saya mendapatkan informasi yang lebih baik agar Virus Beselo tersebut bisa hilang total dari HP kita tanpa mem-format HP atau Kartu Memori.

Disini caranya :

1. Pertama kita memerlukan software TaskSpy yang bisa didownload DISINI.
Setelah download selesai, ekstrak hasil donwload/unduhan tersebut sehingga muncul softwareTaskSpy.sis.

2. Kemudian, install software TaskSpy.sis tersebut di HP yang terinfeksi Virus Beselo.

3. Jalankan TaskSpy dan cari semua file yang berekstensi .exe (****.exe) yang sedang berjalan.
Kemudian pilih Options >> Threads >> Kill (perbaikan).
Kalau tidak bisa di matikan, masuk ke tab Threads (dengan cara geser tombol navigasi HP ke kanan) dan cari thread "Main" kemudian pilih Details. Jika terdapat Thread "Main" dengan Full Name sesuai dengan aplikasi ****.exe tadi , maka segera dimatikan (kill) dengan cara pilihOptions >> Thread >> Kill.

4. Masuk ke explorer yang telah dimiliki HP (biasanya sudah ada di HP) seperti FXplorer, SeleQ, dan lain-lain. Namun saran saya pakai saja FileMan, karena sistem kerja FileMan lebih luwes ketimbang yang lainnya.

Dan hapus file-file berikut :

- hapus folder RECOGS di C: atau E:
- hapus file ****.exe di C:\system\apps dan di E:\system\apps
- hapus file ****.exe di C:\system\data
- hapus file ServMail.exe atau MailServer.exe di C:\system\mail dan di E:\system\mail
- hapus semua file Beauty.jpgSex.mp3, atau Love.rm di C:\system\mail dan diE:\system\mail (dapat memakai fasilitas Find..), jika tidak ketemu, berarti file tersebut telah terhapus secara otomatis.

4. Setelah semua file tersebut dihapus, Restart-lah HP.

5. Jalankan kembali TaskSpy untuk mengecek virusnya masih jalan apa tidak. Kalau masih ada aplikasi ****.exe atau ServMail.exe yang berjalan, berarti masih ada file yang belum dihapus/terlewat. Ulangi lagi langkah di atas.

Setelah semua langkah-langkah diatas dijalankan dengan benar, pasti HP sudah kembali "sembuh" seperti sediakala, tanpa kita susah-susah mem-format HP dan Kartu Memori yang menyebabkan data-data penting kita bisa musnah.

Selamat mencoba bagi yang mengalami hal serupa seperti saya.

0 komentar:

Poskan Komentar